Yakin Beralih ke Honda ADV? Begini Pertimbangannya
Otomotive

Yakin Beralih ke Honda ADV? Begini Pertimbangannya

Pada ajang GIIAS 2019 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis inovasi terbarunya Honda ADV 150. Terhitung ada lebih dari 1000 unit Honda ADV 150 terjual sudah, dihitung berdasarkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang dibukukan. Sebagian konsumen tersebut, kini juga sudah menerima unit skuto atau skutik ALTO (All Terrain Off-Road) ini.

Namun, baru-baru ini ada hal menarik yang juga viral di media sosial, terutama di kalangan para pecinta otomotif. Terdapat salah satu konsumen Honda ADV 150 yang menjual kembali skutonya setelah dua hari dipakai. Kisah ini berawal dari unggahan pemilik akun bernama Ikhsan Jumaris yang menjual skutonya di grup Honda ADV 150 Indonesia di Facebook.

Tak heran, unggahan ini mnegundang sejumlah tanya dari banyaknya anggota grup dan publik luas hingga mencapai ratusan komentar. Sebagian besar komentar pada unggahan tersebut mempertanyaakan apa alasan atau penyebab sang pemilik akun mau menjual Honda ADV 150 yang baru dimilikinya, bahkan baru diluncurkan oleh pihak AHM. Sebab, memang sang pemilik akun tidak menjelaskan secara rinci mengapa ia hendak menjual motor tersebut.

Ada Apa dengan Honda ADV 150?

Kabarnya, pemilik akun sempat menjelaskan alasan dijualnya Honda ADV 150 baru miliknya yang disebutnya karena akselerasi Honda ADV 150 yang kurang sesuai dengan ekspektasi konsumen. Keterangan ini dijelaskan melalui video yang diunggah di salah satu akun YouTube. Namun, video tersebut kini sudah tidak bisa diakses lagi karena telah dihapus penggunanya.

Bagi yang baru mendengar tipe motor ini, Honda ADV 150 merupakan skuter matik ALTO (All Terrain Off-Road) bergaya adventure. Sebagai motor petualangan, Honda ADV 150 ini memang dibekali dengan sokbreaker belakang dengan kualitas baik untuk memperkokoh kaki-kakinya. Honda ADV 150 juga memiliki fitur yang lengkap. Karenanya, motor ini kerap dibandingkan dengan pendahulunya, Yamaha NMAX yang sama-sama skutik berbodi besar.

Baca Juga :   Mengintip Spesifikasi MT15 yang Baru Meluncur di Indonesia

Hanya saja, ADV 150 memang memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan Yamaha NMAX. Honda ADV 150 keluar dengan bobot 132 kg, sedangkan NMAX hanya 127 kg. Jadi, meskipun secara dimensi NMAX memiliki dimensi yang lebih besar, namun NMAX lebih lincah dan gesit dibandingkan dengan ADV 150.

Terlebih lagi, NMAX didukung oleh mesin kubikasi mesin yang lebih besar, yaitu 155 cc dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Ini berarti 2 klep dari 4 klep Yamaha NMAX akan berganti kecepatan, mengikuti putaran mesin. Dilihat dari spesifikasi kedua motor ini juga menyebutkan, bahwa Yamaha NMAX mampu bertenaga hingga 11.1 kW pada 8000 rpm dan torsi 14. NM pada 6000 rpm. Sementara Honda ADV 150 memiliki tenaga maksimal sebesar 10.7 kW pada 8500 rpm dan torsi 13.8 Nm pada 6500 rpm.

Pada sistem pengereman, sebenarnya kedua motor ini sudah sama-sama menggunakan ABS (Antilock Breaking System). Namun, sistem pengereman NMAX memiliki dua channel, sedangkan ADV 150 hanya memiliki satu channel pada roda depan saja. Pada hal ini, jelas NMAX lebih unggul.

Honda ADV 150 bisa dikatakan kurang gebrakan pada inovasinya. Sebab, memperkenalkan diri sebagai motor kelas adventure, namun kurang nyaman untuk touring. Di mana, para pecinta otomotif tentu tau, bahwa Yamaha NMAX memiliki desain dek yang lebih besar dan lebih nyaman dengan jok yang juga lebih lebar. Perbandingan harganya pun cukup jauh.

Sumber : https://otomotifnet.gridoto.com/read/231804358/honda-adv150-sudah-ada-bekasnya-pemilik-cuma-pakai-1-2-hari-ahm-kasih-komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *