Umum

5 Tips Dalam Menjalankan Puasa Ramadan

Saat puasa Ramadan, sering kali kita berbuka dengan santap yang tidak sedikit, baik makanan berat maupun makanan ringan. Padahal, santap yang berlebihan ketika berbuka puasa dapat membuat perut anda terasa penuh dan bahkan malah buat kita sakit. Berdasarkan keterangan dari dr. Magdi Mohamed dari RS Burjeel Abu Dhabi, santap berlebihan ketika buka puasa bisa buat perut anda kram, bahkan buat kita diare, dan terpapar gangguan gastroentritis. Ini sebab perut anda dipaksa langsung bekerja keras sesudah beristirahat seharian.

Dr. Mohamed menganjurkan untuk berbuka dengan makanan enteng dan air dulu, kemudian dilanjutkan santap dengan porsi layaknya biasa saat kita santap malam. Kita pun harus usahakan menghindari makanan pedas dan asam ketika berbuka.

1. Batasi makanan manis

Suka dessert dan cemilan yang manis-manis? Ketika puasa anda usahakan memberi batas konsumsi makanan manis kesayangan kita. Ini sebab ketika puasa, nggak jarang gula darah anda naik menjadi lebih tinggi dari biasanya. Ketika kita santap makanan manis terlalu berlebihan saat puasa, gula darah kita dapat naik menjadi terlampau tinggi dan malah  buruk untuk kesehatan kita.

Di samping itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis ketika puasa pun bisa buat tubuh anda lemas di siang hari. Ini sebab gula melulu memberikan anda energi yang tidak sedikit dalam waktu yang sedikit pula dan sesudah itu, anda akan merasa lemas, pusing, ngantuk, bahkan dapat mempengaruhi mood sampai-sampai cepat marah. Nggak inginkan kan puasa anda batal sebab marah-marah terus? Jadi, hati-hati dengan makanan manis ya ketika puasa.

2. Perbanyak minum air putih

Saat puasa ketika cuaca sedang panas, kendala terbesar kita ialah untuk menyangga rasa haus. Kalau kita menyangga haus dengan teknik yang salah, tubuh kita dapat mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan lebih parahnya bisa buat kita merasakan gangguan ginjal. Nah, agar ibadah puasa anda nggak terhalang sakit sebab dehidrasi, ada formula yang dapat kita pakai untuk menata frekuensi dan jumlah air yang anda minum agar puasa anda masih sehat.

Baca Juga :   4 Tips Dalam membeli Mobil Baru

Ketika puasa kita dapat menggunakan aturan 2-2-4 guna minum: 2 gelas air ketika sahur, 2 gelas air ketika berbuka, dan 4 gelas air di malam hari. Selama puasa, hindari pun minuman manis atau berisi kafein layaknya teh dan kopi, terutama ketika sahur. Minuman yang berisi kafein, terutama andai diminum ketika sahur justru buat tubuh anda merasa haus seharian .

4. Makan buah dan sayur yang banyak

Saat sahur dan berbuka, daripada santap makanan yang digoreng atau junk food, usahakan santap buah-buahan dan sayur-sayuran yang tidak sedikit ya. Ini sebab buah dan sayur lazimnya berisi serat yang tinggi dan bisa buat kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Di samping itu, buah dan sayur pun berisi vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh anda untuk mengawal daya tahan tubuh dan menangkal penyakit sehingga buat kita lebih sehat saat bulan puasa.

Nah, agar nggak sakit perut sebab pencernaan anda kaget dengan buah dan sayur, terutama saat berbuka puasa, ada sejumlah jenis tips memilih buah dan sayur guna dikonsumsi ketika puasa nih.

Buah-buahan yang mempunyai sifat citrus laksana jeruk, lemon, atau jeruk limau usahakan anda hindari dulu sekitar puasa karena buat perut anda kaget dengan tingkat keasamannya. Sebaliknya, pilih buah-buahan yang berisi tidak sedikit air layaknya semangka, apel, pir, dan anggur. Bagi sayur, usahakan anda mengkonsumsi sayuran organik ketika berbuka ya, khususnya jika diubah menjadi jus atau salad agar nutrisinya nggak hilang.

5. Minum vitamin

Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh kita seringkali lebih rentan terpapar penyakit sebab jarang mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Nah, agar sistem kekebalan tubuh anda masih kuat dan tubuh tetap sehat saat puasa, selain santap buah dan sayur, kita pun usahakan minum vitamin yang sekarang gampang ditemukan dalam format tablet atau gummy untuk menolong tubuh kita supaya tetap fit.

Baca Juga :   4 Tips Dalam membeli Mobil Baru

Di dalam multivitamin yang biasa anda konsumsi, seringkali terdapat sekian banyak  jenis vitamin dalam satu tablet yang mempunyai manfaatnya sendiri untuk mengawal kesehatan tubuh kita. Di samping itu, tablet vitamin juga seringkali berisi ekstra mineral layaknya kalsium yang menyehatkan tulang, magnesium yang menciptakan tubuh lebih rileks, dan antioksidan guna mencegah sekian banyak  penyakit. Kita pun lumayan mengkonsumsi vitamin sekali sehari saja ketika sahur untuk mengawal kesehatan kita sekitar puasa seharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *