Bisnis Umum

4 Tips Dalam membeli Mobil Baru



Memiliki mobil keluarga murah memang menjadi dambaan untuk setiap orang, apalagi bagi yang telah berkeluarga. Dengan mempunyai mobil, kita bisa membawa keluarga liburan ataupun mudik guna merayakan hari raya di kampung halaman.

Di samping itu, guna pasti yang diperoleh dari memiliki mobil adalah efisiensi dari segi ongkos dan waktu. Belum lagi bila mempunyai anak yang masih kecil. Dengan mempunyai kendaraan pribadi, anak-anak dapat dihindarkan dari ancaman-ancaman yang sering kali mengancam.

Membeli mobil baru memang membutuhkan duit yang besar nilainya. Namun, sejumlah tips di bawah ini dapat membantu guna meringankan ongkos tersebut. Dengan begitu, mobil baru dapat diperoleh dengan harga yang cocok dengan kemampuan pribadi.

Berikut ini ialah beberapa tips menemukan mobil baru dengan harga murah yang dapat dipertimbangkan.

1. Fokus pada Tujuan dan Bukan Gengsi

Saat hendak membeli mobil, pertimbangkan masak-masak. Apa tujuan melakukan pembelian mobil? Apakah guna kenyamanan atau memang keperluan keluarga? Atau guna transportasi ke kantor atau kebutuhan usaha?

Bila ditujukan untuk kebutuhan keluarga, barangkali yang sangat cocok ialah jenis minibus. Sementara untuk kebutuhan usaha, dapat mobil jenis box atau pick up. Satu jenis mobil mengikuti aturan yang tidak sama dengan aturan jenis mobil lainnya. Jika memilih jenis pick up atau double cabin, butuh dipertimbangkan adanya pajak ekstra seperti ongkos kir.

Pada etape ini, sebisa mungkin Anda mesti mengurangi rasa gengsi atau sekadar ikut-ikutan tren. Intinya, kembali layaknya yang diterangkan di atas, pilih jenis mobil sesuai tujuan dan paling dapat memenuhi kebutuhan.

2. Kumpulkan Informasi Sebanyak-Banyaknya

Bagi yang pertama kali melakukan pembelian mobil, menggali informasi jenis-jenis mobil tersebut sangat penting. Di samping memahami sekian banyak  tipe, kita juga dapat tahu mana mobil yang mempunyai kualitas. Bagaimana perawatannya dan apa saja keunggulan dan kekurangannya.

Baca Juga :   Ide Bisnis di Tahun 2019 yang Akan Semakin Booming

Pada era sekarang ini, menggali informasi mengenai mobil bukanlah perkara sulit. Anda dapat mencari dengan berselancar di internet. Mengunjungi situs produsen-produsen mobil. Membaca berita-berita otomotif. Atau menyimak informasi di forum-forum otomotif.

Satu urusan lagi yang tidak kalah penting ialah mengetahui bagaimana harga purna jual setelah pemakaian mobil itu di pasaran. Jangan hingga Anda memilih jenis mobil yang sulit dipasarkan kembali.

Bila hendak mendapatkan informasi dari spesifikasi mobil hingga harga jual serta dapat membanding-bandingkannya untuk mengejar harga terbaik, di banyak situs online Anda dapat memperoleh semuanya jadi satu.

3. Siapkan Dana Minimal 25% dari Harga Mobil

Persentase tersebut hanya berlaku andai Anda hendak membeli mobil secara kredit. Mengapa mesti 25%? Sebab Bank Indonesia (BI) menerapkan aturan Down Payment (DP) yang diperlukan untuk melakukan pembelian mobil sebesar 25%. Ada baiknya bila Anda punya dana lebih, berikan saja DP di atas 25%. Sebab kian besar DP yang diberikan, kian kecil kredit yang dibayarkan tiap bulannya.

4. Cari Waktu yang Tepat guna Membeli Mobil

Waktu yang tepat untuk mendatangi dealer ialah ketika dealer tersebut menyerahkan penawaran eksklusif atau promo. Biasanya dealer akan menyerahkan diskon besar-besaran pada akhir bulan sebab bersangkutan dengan target penjualan yang hendak dicapai.

Diselenggarakannya pameran pun menjadi masa-masa yang tepat untuk melakukan pembelian mobil. Biasanya dealer bakal membuka gerai promosi di sana. Jika Anda mengejar promosi yang bagus, simpanlah brosur yang didapat dari delaer sebagai informasi untuk menciptakan perbandingan. Jangan sungkan-sungkan guna bertanya pada customer service tentang hal-hal yang hendak Anda tahu.

Sebagai informasi, ketika ada promo, dealer sering menyerahkan diskon berupa potongan DP yang cukup besar. Jadi, Anda dapat menghemat uang guna pembayaran DP.

Baca Juga :   7 Tips Dalam Membeli Mobil Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *