Kesehatan

5 Penyebab Ketombe Muncul


Semua orang tentu sangat terganggu bila di kepalanya ada ketombe sebab hal tersebut dapat merusak penampilan dan menciptakan Anda serba salah. Misalnya, Anda hendak menggunakan baju berwarna gelap, tetapi fobia kelihatan ketombenya berjatuhan di pakaian. Atau kepala kita menjadi paling gatal dan Anda hendak menggaruk kepala sebab gatal, tetapi takut serpihannya semakin tidak sedikit dan rambut menjadi rontok. Penyebab timbulnya ketombe: Ketombe tentunya bisa mengganggu penampilan baik wanita maupun pria. Ketombe terjadi saat pengelupasan kulit tidak maksimal sampai-sampai sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala dan memunculkan serpihan putih yang gatal. Ada sejumlah hal yang menjadi penyebab ketombe muncul yang perlu Anda tau supaya bisa menerapkan cara menghilangkan ketombe:

  1. Kulit kepala yang kering

Biasanya, penyebab ketombe yang sangat umum ialah kulit kepala yang kering. Penyebabnya dampak reaksi terhadap evolusi cuaca dan produk perawatan rambut yang digunakan. Di samping itu, tidak cukup minum air putih dapat mengakibatkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan laksana eksim dan psoriasis (kelainan kulit kronis yang tidak jarang muncul lantas hilang) pun membuat kulit kepala kering. Pada umumnya, ketombe dampak kulit kepala kering ingin lebih kecil dan lebih kering.

  • Tidak teratur keramas

Bila kita tidak secara rutin mengerjakan keramas dapat mengakibatkan minyak dan pun sel kulit kepala menumpuk dan mengakibatkan ketombe.

  • Stres

Penyebab ketombe pun dapat diakibatkan karena merasakan stres. Ketika merasakan stres, tubuh dapat mengakibatkan saraf simpatis ingin lebih aktif dan mengerjakan perubahan pada sistem hormon. Respon tubuh dapat menciptakan kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Hal itu dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lebih lembap dan berminyak sehingga mengakibatkan munculnya ketombe.

  • Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok
Baca Juga :   5 Cara Mengusir Nyamuk

Terkadang ada sejumlah produk perawatan rambut tertentu yang tidak sesuai digunakan sehingga mengakibatkan ketombe muncul. Produk laksana gel, foam, dan hairspray yang biasa dipakai untuk mengatur rambut dapat menciptakan kepala menjadi gatal dan merah sebab iritasi. Di samping itu, pemakaian produk penata rambut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan reaksi alergi yang kuat.

  • Pola diet

Pola diet pun dapat menjadi penyebab ketombe. Hal ini dikarenakan, mengerjakan diet dapat menciptakan seseorang kehilangan nutrisi atau merasakan alergi terhadap jenis makanan tertentu. Bila pola diet yang tidak cukup tepat, bisa menyebabkan kelemahan zat besi, vitamin B, dan sejumlah jenis lemak menyehatkan yang sebetulnya sangat urgen untuk tubuh, rambut, dan kulit.

Itulah 5 penyebab ketombe yang seringkali terjadi. Untungnya, kami punya tips perawatan rambut rontok dan berketombe yang gampang untuk diikuti. Bagaimana teknik menghilangkannya? Berikut caranya.

  1. Rajin masker rambut

Melakukan perawatan dengan masker rambut bisa menjadi salah satu teknik alami menanggulangi ketombe dan rambut rontok. kita dapat mengerjakan masker rambut di lokasi tinggal yang lebih praktis atau melakukan pembelian produk masker rambut yang telah tidak sedikit tersedia di pasaran. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu guna hasil yang lebih maksimal.

  • Rajin menyisir rambut

Cara alami menghilangkan ketombe yang lainnya ialah rajin menyisir rambut, guna mencuci kulit kepala dari sel-sel kulit mati yang dapat mengakibatkan ketombe. Terutama sisir rambut sebelum membasuh rambut, supaya semua sel kulit mati bisa terangkat ketika keramas. Gunakan sisir rambut yang mempunyai ujung pin bulat yang memijat lembut kulit kepala. Rambut pun bisa bebas ketombe dan tidak akan merasakan kerontokan lagi.

  • Banyak minum air dan santap sayur
Baca Juga :   Seperti Inilah Perkembangan Pada Bayi Berusia 3 Bulan

Makan makanan bergizi dan air dapat menolong kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Terutama mengonsumsi Ssayur berwarna hijau tua yang bisa menutrisi rambut, sampai-sampai dapat menjadi salah satu teknik menghilangkan ketombe dan menanggulangi rambut rontok secara alami. Konsumsilah paling tidak 2 liter air per hari untuk meyakinkan kulit kepala dan rambut tetap sehat.

  • Jalani kebiasaan sehat

Jangan salah, kelaziman hidup keseharian dapat ikut dominan pada munculnya ketombe di kepala dan rambut rontok. Misalnya, orang yang merasakan stres dan tidak cukup tidur dapat memunculkan masalah pada kulit kepala dan rambut rontok. Maka dari itu, usahakan istirahat cukup, paling tidak delapan jam sehari, maka menghilangkan ketombe dan mengasuh rambut rontok bakal menjadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *